Berita Terkini

WISUDA TAHFIDZ ANGKATAN 1 DAN LAUNCHING SEKOLAH DIGITAL DI SMP 1 HARAU, INI PESAN BUPATI SAFARUDDIN

Post Title

Limapuluh Kota, Kominfo -- Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Bupati Limapuluh Kota, mengatakan bahwa kemajuan teknologi yang begitu pesat harus dibentengi dengan keimanan yang kuat, salah satu caranya dengan program Tahfidz. Tidak hanya itu, dengan menyeimbangkan tiga kecerdasan (kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual) maka akan memudahkan upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang madani, beradat, dan berbudaya dalam kerangka Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah serta dalam upaya mewujudkan profil pelajar Pancasila di Limapuluh Kota. “Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota mengapresiasi SMP Negeri 1 Harau sebagai salah satu sekolah rujukan yang mampu berinovasi dalam hal perkembangan teknologi melalui absensi online, pojok digital, serta podcast, dan mengkombinasikannya dengan program Tahfidz," ujar Bupati Safaruddin dalam sambutannya pada acara Wisuda Tahfidz Angkatan 1 dan Launching Sekolah Digital di SMP N 1 Harau pada Senin, (20/02/2023). Turut hadir Anggota DPRD Limapuluh Kota Dapil 1 Marsanova Andesra, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Retyanda, unsur Forkopimca, Wali Nagari Koto Tuo, Eko Pratama.

Di hadapan ratusan siswa dan puluhan majelis guru, Bupati Safaruddin memuji SMP N 1 Harau sebagai representasi dunia pendidikan di Limapuluh Kota dengan segala terobosan yang dimiliki. Selanjutnya Ia mengatakan, SMP N 1 Harau telah memanfaatkan kemajuan teknologi dengan berbagai terobosan yang dapat meningkatkan kreativitas pelajar maupun tenaga pendidik. Hal ini, bisa menjadi contoh bagi sekolah lain di Limapuluh Kota dalam pemanfaatan kemajuan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar. Disamping itu, Bupati meminta kepada seluruh pihak agar kemajuan teknologi harus dibarengi dengan keimanan kuat, yang salah satu caranya melalui program Tahfidz. "Kami berharap seluruh sekolah di Limapuluh Kota secara konsisten menjalankan program Tahfidz, sehingga akan menciptakan generasi muda yang madani, beradat, berbudaya dan melek teknologi," ucap Bupati Safaruddin.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMP N 1 Harau, Osneli Jasmi menyampaikan, generasi muda yang mengenyam pendidikan saat ini akan jadi calon pemimpin di masa depan. Untuk itu, SMP N 1 Harau dengan memanfaatkan SDM yang dimiliki berkomitmen untuk menyiapkan anak-anak unggul yang paham akan teknologi melalui launching sekolah digital. "Langkah awal yang kami siapkan dalam mewujudkan sekolah digital adalah dengan pengadaan perangkat absen online, pojok digital, podcast serta memanfaatkan fasilitas IT berupa proyektor dalam menunjang proses belajar mengajar," jelas Osneli Jasmi. Disamping itu, lanjut Osneli, kemajuan teknologi juga harus dibentengi dengan keimanan siswa, melalui wisuda Tahfidz Qur'an yang diselenggarakan di SMP N 1 Harau, akan menjadi salah satu upaya sekolah dalam meningkatkan keimanan dan mendekatkan para siswa dengan Al-Qur'an. (MFS/Kominfo)