Berita Terkini

DANDIM 0306/50 KOTA IRUP, UPACARA PERINGATAN KE-77 HARI PAHLAWAN NASIONAL KHIDMAT

Post Title

Limapuluh Kota, Kominfo – Teladan dari para pahlawan bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat peringatan hari pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Peringatan Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022 diharapkan dapat memberikan energi untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa dalam bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Demikian kutipan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia pada Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022 sebagaimana yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Mochammad Deny Nurcahyono pada peringatan Hari  Pahlawan Nasional tahun 2022 di lapangan upacara Kantor Bupati Limapuluh Kota di Sarimalak, Kamis, (10/11/22). Rangkaian upacara bendera peringatan Hari Pahlawan Nasional tahun 2022 di Limapuluh Kota berlangsung khimat. Diawali pengibaran Sangsaka Merah Putih serta pembacaan Pesan-Pesan Pahlawan oleh siswa SMA N 1 Harau. Turut hadir pada kesempatan itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Limapuluh Kota, Asisten I Herman Azmar, Asisten III A. Zuhdi Perama Putra, Kepala Dinas Sosial Harmen, Kepala Disperinaker Fery Chofa, Kepala Disdagkopukm Ayu Mitria dan Kepala Kesbangpol Joni Amir. Tampak di barisan peserta upacara satuan TNI/ Polri, ASN, pelajar dan siswa serta unsur organisasi masyarakat.

Seusai upacara bendera Peringatan Hari Pahlawan Nasional 2022 dilaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan di Lurah Kincia, Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari. Upacara ziarah dan tabur bunga ini dipimpin oleh Kapolres 50 Kota AKBP Ricardo Conrat Yusuf. Acara ini diikuti oleh pejabat Pemkab Limapuluh Kota, TNI/ Polri, yang sebelumnya mengikuti Upacara Bendera Hari Pahlawan Nasional di Kantor Bupati di Sarilamak. Juga terlihat hadir Camat Situjuah Limo Nagari Rahmat Hidayat, Wali Nagari Situjuah Batua Don Vesky dan niniak mamak serta Bundo Kandung serta pelajar dan siswa.

Dibagian lain sambutan Menteri Sosial yang dibacakan Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf Mochammad Deny Nurcahyono menuturkan, bahwa sampai hari ini bangsa Indonesia masih berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan nyata. Pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, menuntut persiapan yang matang secara bersama. "Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi bangsa pemenang. Marilah kita bergerak bersama dan maju bersama dengan tekad untuk menang. Sekali Merdeka, Tetap Merdeka", imbuhnya.

Karena itu, bangsa Indonesia harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan. Melakukan pengembangan sumber pangan berbasis potensi dan kearifan lokal, mengelola sumber daya air secara bijak untuk dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi yang lebih baik. "Tidak mudah memang tapi pasti bisa. Karena para pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka pada masanya mengajarkan pada kita beragam nilai untuk kita tiru. Kita warisi dan kita ikuti, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman. Selamat Hari Pahlawan", ulas Dandim 0306/50 Kota itu seraya membacakan pidato Menteri. (HM/AEP/Tim Kominfo)