Berita Terkini

TINGKATKAN INOVASI DAERAH, BAPELITBANG LIMAPULUH KOTA GELAR BIMTEK

Post Title

Limapuluh Kota, Kominfo -- Dalam rangka peningkatan penguatan inovasi di daerah sekaligus peningkatan indeks inovasi Daerah Kabupaten Limapuluh Kota. Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) inovasi Daerah Kota Tahun 2022 yang dibuka secara resmi oleh Kepala Bapelitbang Limapuluh Kota Aimel Nazra, di Hotel Grand Rocky , Selasa (19/07/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan ,19-20 Juli 2022 tersebut diikuti oleh perwakilan perangkat daerah yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota. Dalam sambutannya, Kepala Bapelitbang Aimel Nazra memberikan apresiasi terhadap kesediaan narasumber dalam membagi ilmu kepada Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. “Semoga para narasumber akan membangkitkan tekad serta motivasi bagi perangkat daerah di Kabupaten Limapuluh Kota terus berupaya melahirkan inovasi yang bermanfaat dalam melayani dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambung Aimel. Seterusnya ia mengatakan bahwa majunya suatu daerah akan bergantung pada seberapa besar kreatifitas dan inovasi yang dilakukan oleh suatu daerah, apalagi di serba digital ini, tentu saja diperlukan kreatifitas dan inovasi daerah guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Inovasi yang dilakukan pemerintah daerah diharapkan dapat meningkatkan daya saing daerah, mendorong lebih terciptanya daya guna dan hasil guna penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam upaya menyejahterakan masyarakat,” kata Aimel.

Pada bagian lain sambutannya, Aimel juga meminta peserta untuk proaktif bertanya dan berdiskusi dalam rangka transfer pengetahuan dan pengalaman dengan Para Narasumber, agar kelak Inovasi di Kabupaten Limapuluh Kota bisa bertumbuh dan semakin lebih baik kedepannya. "Kita semua berharap agar Inovasi yang dilakukan pemerintah daerah dapat meningkatkan daya saing daerah dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam upaya menciptakan kesejahteraan masyarakat,”  harap Aimel Nazra.

Sementara itu, Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Sumbar Benny Yansukral sekaligus narasumber Bimtek kali ini mengatakan Inovasi bukan program, bukan pula kegiatan. Inovasi adalah cara baru atau metode baru. "Kegiatan penilaian inovasi daerah dimaksudkan agar dapat mendorong kompetisi positif antar pemerintah provinsi dan antar pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, sehingga dapat diwujudkan peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pembangunan guna terwujudnya kesejahteraan rakyat", pungkas Yan Sukral.

Perlu diketahui bahwa, pada bimtek inovasi Daerah Kabupaten Limapuluh Kota Tahun 2022 menghadirkan 4 narasumber dari Provinsi Sumbar dan Kota Payakumbuh, yaitu Benny Yansukral dari Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi Balitbang Prov. Sumbar dengan materi konsep pengembangan inovasi, Edwin Mangatur Tampubolon, S.Kom., Peneliti Ahli Muda Balitbang Prov. Sumbar dengan materi Motivasi Dalam Berinovasi, Aimel Nazra selaku Plt. Kepala Bapelitbang Kab. Lima Puluh Kota dengan materi Strategi dan Arahan Kebijakan Inovasi Kabupaten Lima Puluh Kota sekaligus membahas inovasi-inovasi dari OPD yang ada di kabupaten Lima Puluh Kota dan Robby Hanafos, S.IP, M.CIO selaku Sub Koordinator Inovasi dan Teknologi Bappeda Kota Payakumbuh dengan materi    Best Practice Inovasi Dalam Organisasi. (RAHMI WAHIDA/Bapelitbang Limapuluh Kota)