Berita Terkini

SHALAT IDUL ADHA 1443 H DI KANTOR BUPATI, MAKNAI PENGORBANAN NABI IBRAHIM, AS DAN BANYAK BERSYUKUR

Post Title

Limapuluh Kota,Kominfo -- Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, laa ilaaha illallaahu wallaahu akbar. Allahu Akbar walillaahil hamdu. Allahu akbar kabira’ walhamdulillahi katsiro wa subhanallahi bukrotaw wa ashiila.

Gema takbir mengalun syahdu di seantero negeri mengiringi perayaan Idhul Adha 1443 H, tak terkecuali di Lapangan Kantor Bupati  Limapuluh Kota, Sarilamak,  Minggu pagi (10/07/2022).  Lantunan takbir itu bersumber dari ratusan masyarakat Sarilamak dan sekitar yang bersiap untuk melaksanakan  Ibadah Shalat Idul Adha 1443 H. Gelaran Shalat Id ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Limapuluh Kota.  Momen shalat Id ini juga disambut warga dengan suka cita, karena dua tahun terakhir tidak dilaksanakan di lapangan terbuka, menyusul pembatasan di masa Pandemi Covid-19.  

Bertindak sebagai Khatib Beni Warlis dan Imam Ustadz Undri, dan yang bertindak sebagai Khatib.  Shalat Idul Adha  juga bdiikuti oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Sekretaris Daerah Widya Putra, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, para Asisten serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Limapuluh Kota.
Sebelumnya, pada Sabtu (09/07/2022) malam Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Takbiran, Pawai obor dan Parade Bedug untuk memeriahkan Idul Adha 1443 H. Kegiatan yang diikuti ratusan pelajar dan warga Sarilamak, berpusat di masjid Surau Gadang Kunci Loyang di Komplek Kantor Bupati di Sarilamak. Acara diawali pemukulan Bedug secara bersama oleh Bupati Safarudin Dt Bandaro Rajo, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, Kepala Kantor Kementrian Agama Limapuluh Kota Irwan, Sekretaris Daerah Widya Putra dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Limapuluh Kota.

Sementara itu, dalam khutbahnya  Benni Warlis selaku Khatib mengatakan, pelaksanaan ibadah haji dan ibadah Qurban merupakan bentuk pengorbanan umat dalam memaknai pengorbanan Nabi Ibrahim As dan Nabi Ismail AS. Ia turut menghimbau kepada umat untuk senantiasa menjaga keimanan memaknai secara bersama pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam melaksanakan Qurban. Lebih lanjut ia mengajak masyarakat untuk banyak bersyukur yang diimplementasikan dengan sikap dan perbuatan semata-mata karena Allah SWT. "Mari senantiasa mengabdi kepada Allah SWT, Mencintai Orang tua, istri, pekerjaan, rakyat dan masyarakat semata hanya karena Allah SWT", ucap Benni Warlis yang juga Staf Ahli Bidang Pembangunan Pemprov Sumbar ini. Lebih jauh, Benni mengatakan kesediaan berkorban, akan  menjauhkan manusia dari sifat-sifat syaitan seperti angkuh, tamak dan sombong.

Sedangkan, Bupati Safaruddin dalam sambutannya mengajak seluruh umat muslim di Limapuluh Kota untuk menjadikan Ibadah Idul Adha sebagai momentum untuk mengingatkan kembali diri sendiri bahwa hidup ini takkan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan. "Pengorbanan tersebut juga harus dengan niat yang ikhlas semata berbagi dengan keluarga terdekat hingga ke masyarakat", ucap Bupati Safaruddin. Selanjutnya, dia juga mengingatkan umat jika ibadah qurban  bukan dinilai dengan besarnya, tetapi bagaimana keihlasan untuk melaksanakan ibadah Qurban tersebut. Tidak hanya itu, Bupati Safaruddin juga menyampaikan melalui Hari Raya Idul Adha kali ini bakal memberi penyadaran kepada  masyarakat agar untuk aktif dalam kegiatan sosial. "Hal itu sebagai usaha kita untuk berbagi kebahagiaan secara merata, untuk itu, mari ketuk hati kita, kepedulian sosial dan berbagi bersama saudara kita", tutur Bupati Safaruddin.

Di sisi lain, Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan selaku Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Limapuluh Kota dalam sambutannya mengatakan ada dua ibadah besar umat Islam pada momen Hari Raya Idul Adha, yang pertama melaksanakan Ibadah Haji dan yang kedua melaksanakan Qurban. "Untuk laporan sementara, 131 Calon Jemaah Haji asal Limapuluh Kota saat ini dalam kondisi sehat walafiat, sedangkan untuk Ibadah Qurban di Limapuluh Kota mencapai 4597 ekor dengan rincian 171 ekor kerbau, 3967 ekor Sapi, 459 ekor Kambing", jelas Irwan. Kakankemenag Irwan berharap jemaah Limapuluh Kota yang sedang menjalankan ibadah haji nantinya pulang ke Limapuluh Kota dalam kondisi  sehat serta menjadi haji yang mabrur. (Tim Kominfo)