Berita Terkini

PENILAIAN LOMBA GERAK PKK TINGKAT PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2022 , NEVI SAFARUDDIN APRESIASI SEMANGAT TP PKK NAGARI MUNGKA

Post Title

Limapuluh Kota, Kominfo -- Nagari Mungka Kecamatan Mungka terpilih mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota dalam Lomba Gerak PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. Kedatangan Rombongan Tim Penilai Provinsi yang dipimpin oleh Lina Hansastri disambut baik oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Ketua TP-PKK Kabupaten Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin di Gedung Serba Guna Nagari Mungka, Kecamatan Mungka pada Selasa (17/05). Turut Hadir Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Lima Puluh Kota Lira Rizki Kurniawan Nakasri, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Lima Puluh Kota Yunida Fatwa, dan Kepala-Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota Nevi Safaruddin mengatakan bahwa TP-PKK Kabupaten Lima Puluh Kota telah melakukan pembinaan untuk masing-masing Pokja sesuai dengan 10 program Pokok PKK. Pada bidang Sekretariat telah melakukan pembinaan yang berhubungan dengan tertib administrasi. Pada  Pokja I telah membuat Buku Paaredi untuk pegangan orang tua, pembinaan pola asuh pada kelas ibu hamil, dan adanya rumah perilaku remaja. Pada Pokja II, pembinaan tentang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK diantaranya sabun cuci yang berasal dari minyak jelantah dan Bedcover  Mungka Ceria. Pada Pokja  III yang terkaitan dengan Aku Hatinya PKK dan terakhir Pokja IV yaitu penilaian tentang PHBS PLUS.

Nevi Safaruddin mengapresiasi semangat dan kerja Tim Penggerak PKK Nagari, Kecamatan dan Kabupaten yang telah berjuang bersama untuk mempersiapkan kegiatan penilaian dengan sebaiknya. “Meskipun tengah disibukkan dalam mempersiapkan alek nagari tidak menyurutkan semangat Ibu dan Bapak dalam menjalankan 10 program Pokok PKK”, tuturnya.

Senada dengan Nevi Safaruddin, Bupati Safaruddin juga mengapresiasi kinerja Tim Penggerak PKK Nagari, Kecamatan dan Kabupaten. “Perlu kami sampaikan bahwasanya Kabupaten Lima Puluh Kota tepatnya 79 Nagari yang ada akan melaksanakan Pemilihan Wali Nagari  serentak pada tanggal 25 Mei mendatang salah satunya  Nagari Mungka, namun Tim PKK Nagari, Kecamatan dan Kabupaten tetap fokus dan gigih mempersiapkan kegiatan penilaian ditengah kesibukan ini”, ujar Bupati Safaruddin.

Pada bagian lain sambutannya, Bupati Safaruddin mengatakan, “Kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota selalu mendukung dan memberikan support terhadap pelaksanaan Kegiatan Pemberdayaan dan Kesejahteraan  Keluarga, sesuai yang diamanatkan di Prepres No 99 Tahun 2017, Pemendagri No 36 Tahun 2020 dan Hasil Rapat Kerja Nasional, Gerakan PKK Tahun 2022 dan juga disesuaikan dengan kondisi daerah dan kearifan lokal.”

Sementara itu, Ketua Rombongan Lian Hansastri, membacakan sambutan Ketua TPP-PKK Provinsi Sumatera Barat, mengatakan bahwa ada lima jenis lomba yang akan dinilai yaitu Penilaian Lomba Tertib Administrasi PKK, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital, Lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dan Vlog Produk UP2K,  Lomba Kawasan Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur, dan Lomba PHBS PLUS. “Dari lima jenis lomba yang akan dinilai, telah disepakati bersama, berada pada satu lokasi nagari,” ujarnya. (AEP/KOMINFO)