Berita Terkini

KUNKER WAGUB KE LIMAPULUH KOTA, OPTIMALKAN ECO-TOURISM DI KAMPUANG WISATA “SARUGO”, GUNUANG OMEH

Post Title

Limapuluh Kota, Kominfo—Setelah berjaya di ajang bergengsi tingkat nasional Anugerah Pesona Wisata (API) Award 2020 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,  Kampuang Saribu Gonjong (Sarugo) yang tampil sebagai juara II untuk kategori Kampung Adat Terpopuler. Disusul tahun 2021 di posisi keempat terbaik API Award untuk kategori Homestay, gaung keindahan Kampung Saribu Gonjong (Sarugo), Kenagarian Koto Tinggi, Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, sebagai destinasi wisata unggulan terus bersipongang. Penghargaan ini pun membuat perhatian para pihak pun semakin meningkat, termasuk Pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota. Tujuannya, agar Kampuang Sarugo tetap lestari dengan kekayaaan kulturnya sekaligus punya daya angkat untuk peningkatan perekonomian warga sekitar destinasi wisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.  
“Konsep wisata berwawasan lingkungan yang ada di Kampung Wisata Sarugo ini harus dapat dioptimalkan demi peningkatan income  para pelaku wisata yang ada, mulai dari ekonomi kreatifnya, pedagang dan juga pengelola,” kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.  Wisata berwawasan lingkungan atau dikenal juga dengan eco-tourism, ulas Wagub Audy, layak dikembangkan di Kampuang Sarugo, karena didukung potensi alam yang bagus. 

“Peluang ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Kelompok Sadar Wisata Kampung Sarugo,” ujar Wagub Audy. 

Hal itu disampaikan Wagub Sumbar di depan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampuang Sarugo saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Limapuluh Kota pada Selasa (04/01/2022). Kunjungan kerja (Kunker)  ini dimaksudkan  meraih penghargaan ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) di 2021 lalu. “Kampuang Sarugo merupakan Desa Wisata ketiga yang kami kunjungi hari ini dalam rangka evaluasi Desa Wisata peraih ADWI 2021 yang ada di Sumbar," jelas Wagub Sumbar. 

Turut mendampingi Wagub Sumbar saat kunker Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat Novrial  Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Desri dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Ayu Mitria Fadri. Turut menyambut Wagub Sumbar di lokasi kunker, Camat Gunuang Omeh, Forkopimca Gunuang Omeh, Wali Nagari Koto Tinggi, Ketua Pokdarwis Kampuang Sarugo Ricci Chandra beserta kepengurusan. 

Selama kunker di destinasi wisata, Wagub mengaku Audy sangat terkesan dengan Kampuang Sarugo yang digadang-gadang menjadi ikon utama destinasi wisata Sumbar berikutnya. Terlebih katanya, “Ini kunjungan pertama kami ke sini.”
Senada dengan Wakil Gubernur, Bupati Safaruddin juga menyampaikan kepada ketua Pokdarwis Kampuang Sarugo Ricci Chandra beserta rekan untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam pengembangan Kampuang Sarugo kedepannya sertq memakasimalkan potensi yang dimiliki Kampuang Sarugo, sesuai dengan arahan Wagub Audy dalam diskusi yang dilakukan tadi. Hal tersebut bertujuan untuk menarik minat pengunjung agar lebih tertarik dan mampu menambah pemasukan bagi masyarakat sekitar. Lebih Lanjut Bupati Safaruddin menambahkan untuk menciptakan kenyamanan bagi pengunjung dan wisatawan, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota bersama masyarakat Nagari Koto Tinggi akan berupaya melengkapi fasilitas penunjang wisata serta akan terus menyuguhkan atraksi lokal yang bisa membuat mereka berkeinginan untuk kembali lagi berliburan di Kampuang Wisata Sarugo. (MFS/ Kominfo)