Berita Terkini

TERAPKAN WMK SECARA LUAS, BUPATI TARGETKAN SATU POSKO DAMKAR PER KECAMATAN

Post Title

Limapuluh Kota, Diskominfo, --Guna memperluas penerapan Wilayah Manejemen Kebakaran (WMK) sekaligus meningkatkan pelayanan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menargetkan pendirian satu Pos Komando Pemadam Kebakaran (Damkar) di tiap-tiap Kecamatan. Hal itu diungkapkan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo ketika meresmikan operasional Posko Pembantu Pemadam Kebakaran di Padang Laweh, Kecamatan Akabiluru, pada Jumat, (3/12/2021) 

Dengan berdirinya satu posko Damkar per kecamatan selain akan meningkatkan pelayanan masyarakat, juga diharapkan dapat memperluas Wilayah Menajemen Kebakaran (WMK), baik penanggulangan bahaya kebakaran maupun yang bersifat non kebakaran.

"Secara bertahap kita akan rancang pembentukan posko pembantu lainnya minimal satu perkecamatan, untuk itu kami mohon dukungan semua pihak supaya keinginan ini dapat kita wujudkan bersama dalam meningkatkan layanan pada masyarakat," ucap Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo

Untuk itu Bupati Safaruddin menghimbau kepada pihak Kecamatan, Nagari, Maupun masyarakat untuk aktif dalam memberdayakan seluruh personil Damkar agar keberadaannya benar benar dirasakan oleh masyarakat. "Mari tingkatkan kesiapsiagaan, karena Damkar merupakan garda terdepan dalam penanggulangan kebakaran maupun Non Kebakaran. Jaga diri dan kuasai medan," pesan Bupati pada seluruh personil Damkar

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Alfian, S.STP, M.Si mengatakan, Posko ini didirikan untuk memenuhi Standar Operasional (SOP) agar dapat segera mungkin merespon jika terjadi kebakaran. "Selama ini kita kewalahan dalam melayani masyarakat terutama yang berada di Nagari Suayan dan Pawuah Sangik maupun Sariak Laweh," pungkas Kadis Damkar Alfian. (HM)