Berita Terkini

PUTRI WAPRES RI DI LIMAPULUH KOTA KAGUMI BWM PPM AL-KAUTSAR

Post Title

Kominfo, Limapuluh Kota — Ketua Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Silaturahmi Umrah dan Haji Indonesia (DPP SAHI), Siti Ma'rifah menyampaikan kekagumannya atas Program Bank Wakaf Mikro (BWM) yang dikelola oleh Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Kautsar, Sarilamak, Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Apresiasi tersebut diungkapkan Siti Ma’rifah, yang juga putri sulung Wakil Presiden RI K.H Ma’ruf Amin dalam sambutannya saat bersilahturahmi ke PPM Al-Kautsar serta melihat dari dekat perkembangan  BWM di salah satu pondok pesantren terbesar di Limapuluh Kota. 

“Saya bersyukur dapat hadir kembali di Sumatera Barat ini khususnya di Kabupaten Lima Puluh Kota. Ada satu pesantren yang luar biasa yang sudah melaksanakan Bank Wakaf Mikro yang merupakan program yang didukung oleh Bapak Presiden dan Wakil Presiden, apalagi pelaksanaanya di sini tidak ada yang macet,” ujar Siti Ma’rifah 

Kedatangan Siti Ma’rifah ini disambut hangat oleh Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten III A. Zuhdi Peramana, Wali Kota Payakumbuh Riza Fahlevi, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumbar Shofwan Karim Elha,  Deputi Kepala OJK  Sumbar Mendi Rahmadi dan Kabid Pakis Kanwil Kemenag Sumbar Rinalfi. 

Dikutip dari laman SIKAPI-OJK Bank Wakaf Mikro (BWM) merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertujuan menyediakan akses permodalan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal dengan pola pendampingan. BWM diluncurkan pertama kali pada tahun Oktober 2017 lalu oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo bersama dengan OJK.  Pada 26 April 2021, telah berdiri 60 BWM di 19 provinsi di Indonesia dengan total penerima manfaat sejumlah 43.806 nasabah dan total pembiayaan mencapai Rp65 miliar. Khusus BWM PPM Al-Kautsar operasional diresmikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, pada April 2021. BWM PPM Al Kautsar,  diharapkan dapat memperkuat ekonomi masyarakat di sekitar lingkungan Pondok Pesantren.
Dalam kunjungan singkatnya di PPM Al Kautsar, putri Wapres RI terkesan dengan lembaga pendidikan Islam  yang telah berdiri sejak tahun 1988 ini. PPM Al Kautsar ternyata memiliki segudang prestasi di bidang kewirausahaan/ enterpreneurship. Pada tahun ini, Bank Indonesia mengganjar PPM Al-Kautsar sebagai  Juara 2 Regional Sumatera Pondok Pesantren Unggul dalam Ajang Festival Ekonomi Syariah (FESyar 2021). Tak hanya itu,  PPM Al-Kautsar juga masuk dalam 100 Pondok Pesantren Pilot Project  (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) UMKM dari Kementerian Agama Republik Indonesia. (AEP/ Kominfo)