Berita Terkini

Rapat koordinasi pembukaan TMMD/N ke 111 Tahun 2021

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Rapat koordinasi pembukaan TMMD/N ke 111 Tahun 2021 di ruang transit Kodim 0306/ 50 Kota, Kecamatan Harau, Selasa, (8/6/2021) 

Rapat persiapan ini diikuti Polres Lima Puluh Kota,  KPHL, Diskominfo, Satpol PP, Damkar, Dpmdn, Dukcapil, Lingkungan Hidup, Pertanian, Pangan dan Holtikultura, Perikanan, DP2KBPA Camat Mungka dan Wali Nagari Talang Maur serta OPD terkait lainnya. 

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0306/50 Kota, Sumatera Barat, Letkol. Kav. Ferry Lahe, S. AP, M.H mengatakan bahwa rangkaian kegitan pembukaan TMMD/N terdiri dari 2 (dua) kegiatan diantaranya 1 (satu) pembukaan TMMD/N di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota, dan kegiatan 2 (dua),  peninjauan lokasi yang di pusatkan di Nagari Talang Maur Kecamatan Mungka. karena situsasi pandemi Covid-19 jadi pelaksanaan tidak seperti biasa yang dilaksanakan upacara besar. 

"Pembukaan TMMD/N ke-111 Tahun 2021 dibuka  oleh Gubernur Sumatera Barat dan  peninjauan ke lokasi dihadiri OPD terkait, Forkopimca dan masyarakat setempat dengan tetap mematuhi Protokol kesehatan Covid-19, jangan ada cluster baru dari TMMD/N ini.", tegas Dandim. 

Di Kantor Wali Nagari Talang Maur disambut dengan tari galombang , sambutan tokoh masyarakat. Titik nol sungai, kolam dekat masjid dilakukan penebaran bibit ikan dan penanaman pohon. Lokasi live Streaming pembukaan dapat ditonton di Kantor Wali Nagari, Kantor Camat sehingga masyarakat dapat menyaksikan pembukaan tanpa melanggar protokol kesehatan. 

Kontribusi OPD terkait berupa kegiatan non fisik dan masyarakat penerimanya jangan bertabrakan. agar seimbang penyebaran masyarakat di Nagari Talang Maur dan Maek. Gerakan tersinergi oleh damkar, Satpol PP, BPBD, dan Dishub berupa goro, simulasi kebakaran hutan dan edukasi penanganan kebakaran rumah kemudian difilmkan. Sebelum pembukaan, dilakukan penyemprotan kemudian diliput dan divideokan di kantor wali nagari dan posko masyarakat setempat. 

Kegiatan sosialisasi, penyuluhan wawasan kebangsaan oleh kodim, penyuluhan kb, pelayanan kb gratis, generasi berencana oleh PP2KBPA stunting posyandu, kesling oleh dinkes, pemanfaatan pekarangan dan sumber ketahanan pangan oleh dinas pertanian ketahanan pangan, budidaya ikan oleh dinas perikanan penguatan tugas linmas oleh Satpol PP, bantuan bibit jagung dan padi hibrida oleh dinas Pangan dan holtikultura.
bahaya narkoba oleh BNN Kota Payakumbuh, penyuluhan perkawinan oleh Kemenag, e ktp oleh Dukcapil, kesiapan siaga bencana oleh BPBD, bahaya kebakaran oleh damkar, bahaya kebakaran hutan, ilegal loging oleh KPHL, penerapan tafis quran, proses belajar oleh dinas pendidikan, sehat medsos dan Internet sehat oleh Kominfo, Destinasi wisata oleh Disparpora.