Berita Terkini

Bupati Irfendi Arbi Hadiri Batagak Pangulu Situjuah Batua

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Bupati Lima Puluh Kota, Ir.H.Irfendi Arbi, MP menghadiri prosesi Batagak Panghulu Nagari Situjuah Batua sebagai salah satu rangkaian acara Situjuah Batua Art and Culture Festival, Senin, (13/01/2020)

Turut hadir pada acara ini Daulat Yang Dipertuan Rajo Alam Pagaruyuang bersama Permaisuri, Ketua Dewan Pimpinan Bundo Kanduang Alam Minangkabau, Walikota Payakumbuh, Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, perantau dan tamu undangan.

Dt. Paduko Sindo sebagai ketua panitia menyampaikan acara Batagak Pangulu dan pawai arak iriang merupakan beberapa rangkaian kegiatan Situjuah Batua Art and Culture Festival yang dilaksanakan dalam rangka melestarikan kearifan budaya lokal dan telah dimulai sejak tanggal 12 hingga 20 Januari 2020 nanti.

"Sebanyak 47 Panghulu yang dilewakan pada hari ini, terdiri dari 11 Panghulu Mangulipah, 29 Panghulu mangambang nan talipek, 6 Panghulu mangguntiang baju dan 1 Panghulu manggungguang mambaok tabang" tutur Dt. Paduko Sindo

Dt. Tan Marajo, Walinagari Situjuah Batu dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga dan mewariskan nilai-nilai luhur budaya Minangkabau kepada generasi selanjutnya.

"Selain menampilkan kearifan budaya lokal, kegiatan ini juga menjadi rangkaian dari peringatan peristiwa Situjuah yang menjadi salah satu mata rantai sejarah perjuangan bangsa Indonesia dan kita peringati setiap tanggal 15 Januari" ucapnya.

Bupati Lima Puluh Kota, Ir.H.Irfendi Arbi, MP sangat mengapresiasi kegiatan ini karena masyarakat ranah minang harus terus menjunjung tinggi filosofi adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, karena ini merupakan modal utama dan menjadi identitas budaya urang Minangkabau. 

"Selamat kepada Nagari Situjuah Batua, para Niniak mamak merupakan strata yang terhormat. Mari terus kita jaga, semoga budaya adat Minangkabau ini dapat terus kita lestarikan" tutur Bupati Irfendi Arbi. 

Acara dilanjutkan dengan makan bajamba dan peresmian kantor Wali Nagari dan Balai Tuo Nagari Situjuah Batua yang ditandai dengan pemotongan pita.