Berita Terkini

Pawai Arak Iriang Situjuah Batua, Kearifan Budaya Lokal

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo- Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAM) Kabupaten Lima Puluh Kota mengawali rangkaian acara Batagak Panghulu dengan mengadakan pawai arak iriang keliling Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari pada hari Minggu, (12/01/2020)

Pawai arak iriang ini dilepas oleh Datuak Udo dengan iringan musik tradisional Minangkabau dimulai dari Kubang Koto menuju Pasar Tugu Nagari Situjuah Batua.

Saat melewati beberapa posko, peserta pawai arak iriang dipersembahkan pertunjukan "silek bancah" dan permainan "badia-badia batuang". Sedangkan di posko terakhir peserta arak iriang disambut dengan pertunjukan 100 gandang tambuah dan berbagai tarian tradisional Minangkabau. 

Acara pawai arak iriang Batagak Panghulu Nagari Situjuah Batua ini pun dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, Wakil Bupati Lima Puluh Kota H. Ferizal Ridwan, S.Sos, Kepala OPD, Wali Nagari, Niniak Mamak, Alim Ulama dan Bundo Kanduang Nagari Situjuah Batua.

Esok harinya, Senin 13 Januari 2020 para Panghulu yang mengikuti pawai arak iriang tadi akan dilewakan di Balai Adat Nagari Situjuah Batua sekaligus peresmian Balai Adat dan Kantor Wali Nagari Situjuah Batua. 

Untuk memeriahkan acara Batagak Panghulu di Nagari Situjuah Batua, panitia mengemas berbagai acara festival budaya dengan tema "Situjuah Batua Art and Culture Festival" selama 9 hari yang akan diisi dengan berbagai penampilan seni budaya, kuliner, seminar, pameran produk UKM dan perlombaan fotografi.