Berita Terkini

Tingkatkan Kompetensi Aparatur, Diskominfo LPK Adakan Pelatihan Teknis Admin/Operator Jaringan

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Guna meningkatkan kompetensi aparatur dalam penanganan permasalahan gangguan koneksi jaringan TIK,  Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan Pelatihan Teknis Admin/Operator Jaringan Intra Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2019.

Pelaksanaan pelatihan ini merupakan salah satu wujud dukungan Pemerintah Daerah dengan meikutsertakan aparatur dalam memelihara dan menjaga keamanan perangkat jaringan yang berada di instansi masing-masing,

Apalagi saat ini Kabupaten Lima Puluh Kota tengah gencar mengembangkan jaringan intra pemerintah / e-metro melalui satu pintu yang berpusat di Dinas Komunikasi dan Informatika.

Untuk itu, perlunya pelatihan ini dilaksanakan agar admin/operator dari instansi masing masing bisa memahami konsep dasar jaringan dan bisa menangani  permasalahan gangguan koneksi jaringan yang terjadi di instansi masing-masing  

Sebagaimana Agus Purwanto, Kasi Layanan Infrastruktur TIK dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi aparatur di bidang infrastruktur jaringan TIK, khususnya dalam pemanfaatan perangkat jaringan.

"Admin/Operator jaringan yang ikut dalam bimtek hari ini nantinya akan menjadi perpanjangan tangan Kominfo dalam pengelolaan jaringan di instansi masing- masing, jadi diharapkan partisipasinya untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan sungguh-sungguh  " tutur Agus.

Lebih lanjut Kepala Bidang Infrastruktur TIK M. Rafi Azka, S.Kom dalam sambutannya menjelaskan sebagai dasar terwujudnya sistem elektronik di Lima Puluh Kota, Perlunya keikutsertaan ASN termasuk dalam pengelolaan jaringan.

Dengan harapan kedepannya para peserta pelatihan bisa memahami konsep dasar jaringan metro di pemerintah, dan bisa menganalisa jika terjadi gangguan. 

"Kita juga berharap pelatihan ini akan terus berlanjut dengan materi yang berbeda lagi, agar admin/operator di setiap OPD lebih paham lagi mengenai jaringan, dan untuk tindak lanjut berikutnya admin/operator akan mendapatkan SK resmi admin jaringan dari Bupati" ujar Rafi

Pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Kolivera Payakumbuh ini diikuti oleh sebanyak 43 peserta dari setiap OPD di Kabupaten Lima Puluh Kota  dengan narasumber dari praktisi jaringan pemegang sertifikat Mikrotik dan Ethical Backing  dari Indonetworkers Training Center Padang .