Berita Terkini

Pemkab Lima Puluh Kota Sambut Kedatangan Rombongan Tim Pengawasan dan Evaluasi TMMD/N

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo – Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota menyambut Tim Pengawasan dan Evaluasi TMMD/N ke 106 tahun 2019 di Rumah Dinas Bupati Lima Puluh Kota Labuah Basilang, Payakumbuh, Kamis (24/10/2019).

Rombongan Tim Pengawasan dan Evaluasi TMMD/N ke 106 ini dipimpin oleh Marsekal Muda Nazirsyah, M.Sc yang disambut langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP bersama Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin, S.Sos, MM. 

Tujuan dilaksanakannya TMMD/N adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pembangunan, baik bersifat fisik maupun nonfisik. Tujuan lain yang tersirat dalam kegiatan TMMD/N adalah untuk memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat dan menciptakan stabilitas keamanan di daerah, sebagaimana disampaikan oleh Letnan Kolonel Solihin Komandan Kodim 0306/50 Kota.

Lebih lanjut Solihin juga menjelaskan bahwa pembukaan jalan baru sepanjang 9.000 meter dengan lebar 9 meter yang menghubungkan Nagari Situjuah Ladang Laweh dengan Nagari Tungka, termasuk didalamnya pemasangan plat deuker dan gorong-gorong di 4 titik, pemasangan batu penahan longsor pada beberapa titik ruas jalan yang rawan longsor, serta perbaikan Mushalla dapat terlaksana baik dengan tingkat penyelesain mencapai 90 persen.

"Masyarakat sangat membutuhkan sarana jalan ini, terutama untuk penguatan ekonomi lokal. Tanah yang subur dan curah hujan yang tinggi menjadikan mata pencaharian utama masyarakat situjuah adalah pertanian sawah dan kebun. Dengan adanya jalan ini yang membuka akses lokasi pertanian dan telah diaspirasikan masyarakat sejak 15 tahun lalu akan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mengangkut hasil pertaniannya. Sedangkan sasaran kegiatan non fisik TMMD/N dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan, pembekalan dan sosialisasi baik dari instansi vertikal maupun Pemerintah Daerah" jelas Solihin.

Marsda Nazirsyah menyampaikan pelaksanaan TMMD yang ke 106 ini merupakan wujud kebersamaan TNI dan masyarakat. Bahkan selama kegiatan TMMD/N berlangsung Satgas TNI wajib tinggal dan makan di rumah warga. Selanjutnya hasil dari kegiatan pembangunan ini agar segera diserahterimakan dengan Pemerintah Daerah.

“Mari kita pupuk rasa gotong royong, jaga hubungan baik TNI dengan masyarakat dan pemerintah, serta mari kita tingkatkan kepedulian untuk menjaga dan memelihara hasil pembangunan TMMD/N ke 106 ini” tambah Marsda Nazirsyah.

Kegiatan penyambutan ini ditutup dengan penyerahan plakat daerah kepada Marsekal Muda Nazirsyah, M.Sc yang dilanjutkan dengan peninjauan lokasi TMMD/N ke 106 tahun 2019 di Nagari Situjuah Ladang Laweh dan Nagari Tungka. Turut hadir dalam acara penyambutan ini Asisten Administrasi Umum, Staf Ahli, beberapa Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Lima Puluh Kota.