Berita Terkini

Lima Puluh Kota Gencarkan Sosialisasi dan Evaluasi SPBE

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Dinas Komunikasi dan Informatika Lima Puluh Kota mengadakan Sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Ballroom Kolivera 3 , Payakumbuh, Selasa, (22/10).

Turut hadir dalam acara ini kepala OPD se Kabupaten Lima Puluh Kota, Kominfo Propinsi Sumatera Barat, dan Bupati Lima Puluh Kota, Ir. H. Irfendi Arbi, MP. Narasumber dalam acara ini adalah Kementerian PANRB dan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Sumatera Barat.

Bupati Lima Puluh Kota dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama dalam mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di Kabupaten Lima Puluh Kota yang ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Selanjutnya Kepala Dinas Kominfo menyampaikan, mari kita mengubah mindset, karena indikator kinerja utama dinilai secara SPBE maka aplikasi yang telah dibuat Diskominfo hendaklah dijalankan dengan komitmen bersama. 

Joshua Ariel Perkasa dari Kemenpanrb menyampaikan SPBE adalah penyelenggaraan pemerintah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE. SPBE bertujuan untuk mengurangi tumpang tindih fungsi bisnis pemerintahan, menerapkan standarisasi TIK, memudahkan integrasi layanan SPBE, mengurangi duplikasi infrastruktur dan sistem aplikasi berbagi data dan informasi, dan meningkatkan efisiensi biaya SPBE.

"Kementerian PANRB telah melakukan asistensi melalui bimbingan teknis dan sosialisasi terhadap 623 instansi pemerintah pada Juli sampai Agustus dan Oktober melakukan monitoring dan mengumpulkan hasil evaluasi. Penilaian pada beberapa aspek yaitu layanan publik, layanan administrasi pemerintah, TIK, strategi perencanaan, kelembagaan, kebijakan layanan, dan kebijakan tata kelola.", jelas Joshua.

Hasil evaluasi nasional 41 % Kementerian/Lembaga/Badan yang berkategori baik dan Sumbar bernilai 2,8 sedangkan Lima Puluh Kota bernilai 2,4 yang berarti cukup.

Kepala Bidang Layanan Komunikasi dan Informatika, Kominfo Sumbar, Oni Fajar Syahdi, M.MA menyampaikan saat ini masing-masing Pemerintah Daerah membuat aplikasi. Padahal bisa dilakukan melalui aplikasi cloud berbagi pakai satu untuk semua untuk mengatasi pemborosan anggaran atau integrasi antar aplikasi agar proses input data hanya perlu dilakukan sekali, kemudian bisa digunakan bersama secara regional dan nasional. Sekretaris Daerah harus menjadi koordinator setiap OPD dalam SPBE. Pergub yg belum ada menjadi salah satu faktor yang memperlambat percepatan SPBE, maka hendaknya di Lima Puluh Kota disegerakan adanya Pergub. 

Secara umum, yang harus dilakukan agar SPBE lebih cepat adalah reformasi pada cara, mindset, inovasi, dan SDM.