Berita Terkini

Balai Bahasa Sumbar Laksanakan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Negara di Media Luar Ruang

Post Title

Lima Puluh Kota, Diskominfo - Balai Bahasa Sumatera Barat melaksanakan kegiatan Pengawasan dan Pengendalian Penggunaan Bahasa Negara pada Media Luar Ruang di Kabupaten Lima Puluh Kota, pada hari Jumat 2 Agustus 2019. Kegiatan dilaksanakan di aula LPSE Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota. Adapun tujuan kegiatan ini guna meningkatkan mutu pemakaian bahasa dan apresiasi sastra pada media luar ruang di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Nuzul Firman S.IP, M.Si kepala bidang Komunikasi Publik yang mewakili Kepala dinas Kominfo dalam sambutannya menyampaikan "Bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa yang membentuk persatuan dan kesatuan bangsa harus tetap dijaga dan dilestarikan. namun yang terjadi pada masa sekarang malah kebalikannya, penggunaan bahasa asing justru lebih dominan dibandingkan bahasa kita sendiri, bahasa Indonesia.

Oleh karena itu saya menghimbau kepada masyarakat khususnya para pengusaha jasa periklanan untuk dapat menggunakan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa serta mempopulerkan bahasa Indonesia dalam dunia periklanan sehingga memiliki nilai tersendiri dihati anak bangsa dan disegani di dunia internasional." ujar Nuzul Firman.

Kepala Balai Bahasa Sumatra Barat, Drs. Dwi Sutana, M.Hum mengatakan bahwa kegiatan pengawasan dan pengendalian bahasa ini penting dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanat Undang-undang No. 24 Tahun 2009 tentang Bahasa.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan penyadaran kepada masyarakat tentang pentingnya pengutamaan bahasa negara, Bahasa Indonesia.” Ruang publik menjadi barometer komitmen warga bangsa dalam menjaga martabat bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Fakta penggunaan bahasa negara di berbagai ruang publik, seperti nama gedung dan nama fasilitas publik, ataupun rambu-rambu petunjuk yang menggunakan bahasa asing perlu segera ditertibkan. Tentunya, upaya pengendalian sesuai amanat konstitusi ini dapat dilakukan dengan meningkatan kesadaran dan kerja sama semua pihak." ujarnya.

Video Terbaru


Agenda


Saran Masuk


Polling