Berita Terkini

DARI PORTAL MENUJU e-GOVERNMENT

Post Title

Kominfo, Portal Kab Lima Puluh Kota merupakan cikal bakal pelaksanaan pemerintahan secara elektronik karena  di tampilan domain resmi tersebut terdapat vitur vitur di masing masing SKPD Kab Lima Puluh Kota yang menjadi gerbang aplikasi pemerintahan daerah secara elektonik. layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) merupakan bagian dari sistem aplikasi layanan kepemerintahan daerah secara elektronik atau lebih dikenal dengan  e-Goverment. Demikian disampaikan Kabid Kominfo Kab Lima Puluh Kota Ali Hasan, S.Sos, didampingi  Mira Ningsih, ST kasi Sarana kominfo kemaren, di ruang kerjanya Tanjung Pati.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, di dalam portal tersebut terdapat website website  SKPD sebanyak 42 website, dimana tahun 2015 dengan target 20 SKPD sedangkan 22 SKPD tahun 2016 termasuk kecamatan. Disamping tampilan SKPD  juga ada agenda, mail server, twitter , kotak saran, mapping satelit dan telepon penting serta berita berita dari SKPD.
Jadi pelaksanaan  pemerintahan secara elektronik (e-goverment) sudah dimulai tinggal menambah aplikasinya, apakah kita adopsi  sistim aplikasi Kominfo atau modifikasi yang dilakukan kota surabaya atau bandung. Ini yang perlu dipelajari sesuai dengan kondisi daerah dan diharapkan di tahun 2016 aplikasi ini sudah berjalan, papar Ali

Kedepan  pengembangan  e-government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan  yang berbasis elektronik secara efektif dan efisien sesuai  Inpres no 3 tahun 2003 tentang strategi nasional pengembangan e-government dan permen PAN dan RB no 6 tahun 2011 tentang pedoman umum tentang tata naskah elektronik di lingkungan intansi pemerintah.

Pengunaan nama domain resmi www.limapuluhkotakab.go.id berdasarkan SK Bupati Lima Puluh Kota no. 170 tahun 2015, dan sudah terdaftar di Kementrian Kominfo. Situs portal resmi Pemerintah Kab Lima Puluh Kota juga ter link dengan  gis.kominfo.go.id, sistem informasi pembangunan daerah, sistem komunikasi pajak dan restribusi daerah dan sumbarprov.go.id.

Disamping  data informasi tentang Kab Lima Puluh Kota, juga ada pengelompokan berita berita dari masing masing SKPD seperti berita pemerintahan, kesehatan, sosial, pendidikan dan ekonomi serta kepegawaian. Data data tersebut akan di up date terus melalui admin masing masing SKPD dan inilah tampilannya walaupun portal resmi tersebut baru di onlinekan pada tanggal 29 april 2015, katanya.