Pemerintahan

Permudah Akses Ke RSUD, Bupati Resmikan Bus Perintis

Senin, 05 Juni 2017 - 14:54:18 WIB | dibaca: 628 pembaca

Tanjung Pati - Transportasi didefinisikan sebagai kegiatan pemindahan penumpang dan barang dari suatu tempat ke tempat lain, dimana di dalamnya terdapat unsur pergerakan (movement). Pentingnya peranan transportasi tersebut tentunya harus diimbangi dengan keterlibatan atau partisipasi aktif dari pihak-pihak terkait.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pada pasal 7 (Ayat 2) menjelaskan tentang “Penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan dalam kegiatan pelayanan langsung kepada masyarakat dilakukan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, Badan Hukum dan/atau masyarakat”. Serta pada pasal 139 (Ayat 3) menjelaskan tentang “Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota wajib menjamin tersedianya angkutan umum untuk jasa angkutan orang dan/atau barang dalam wilayah Kabupaten/Kota”.

Maka sangat diperlukan adanya pelayanan angkutan umum guna mendukung aktivitas dan mobilitas masyarakat dalam mengefektifkan jalannya roda ekonomi dan pemerintahan. Pelayanan dari pusat Kota Sarilamak ke pelayanan umum seperti Rumah Sakit belum terlayani secara maksimal khususnya bagi masyarakat yang akan berobat ataupun pasien rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Dengan latar belakang tersebut, Senin (5/6) Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi telah meresmikan Angkutan Perintis secara Gratis dengan trayek atau rute baru untuk melayani masyarakat dari pusat Kota Sarilamak menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Achmad Darwis Suliki, yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Dilaksanakan di halaman Dinas Perhubungan Kabupaten Lima Puluh Kota, peresmian Angkutan Perisntis Gratis ini dihadiri oleh beberapa Kepala Dinas, diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Tien Septino, Kepala Dinas Kominfo Fery Chofa, Sekretaris Perhubungan Aldasman, serta pejabat dari RSUD dr. Achmad Darwis Suliki dan sejumlah eselon III dan IV Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota. Turut hadir Camat Harau Deki Yusman, Camat Mungka Harman, Camat Guguak Yuhendri, dan Camat Payakumbuh Aimel Nazra.

Selanjutnya Bupati Irfendi berharap, dengan adanya Angkutan Perintis secara Gratis dapat mempermudah akses masyarakat khususnya bagi msyarakat yang akan berobat ke RSUD dr.Achmad Darwis Suliki.

Dengan diresmikan Angkutan Perintis secara Gratis ini, maka masyarakat telah dapat menikmati layanan ini mulai tanggal 5 Juni 2017, berikut Trayek dan Jadwal Pelayanannya:

Trayek yang dilayani

SARILAMAK – GURUN – LUBUK BATINGKOK – SIMALANGGANG – TAEH BARUAH – MUNGKA – PADANG JOPANG – LIMBANANG – RSUD dr. ACHMAD DARWIS SULIKI

Hari Pelayanan

SENIN – SELASA – RABU - KAMIS

Jam Pelayanan

BERANGKAT DARI DINAS PERHUBUNGAN JAM 08.00 WIB MENUJU RSUD dr. ACHMAD DARWIS SULIKI

BERANGKAT DARI RSUD dr. ACHMAD DARWIS SULIKI JAM 14.00 WIB MENUJU DINAS PERHUBUNGAN

Angkutan Peristis Secara Gratis ini pada tahap pertama (I) hanya melayani rute Sarilamak – RSUD dr. Achmad Darwis Suliki, untuk tahap selanjutnya akan ditambah rute-rute yang lain sehingga dapat melayani masyarakat di 13 kecamatan, Kabupaten Lima Puluh Kota

(a21)




Statistik

Pengunjung hari ini: 10
Total pengunjung: 15628
Hits hari ini: 45
Total Hits: 63560
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document