Sosial

Kominfo Gelar Optimalisasi Pemberdayaan KIM Kab. Lima Puluh Kota

Senin, 15 Mei 2017 - 11:19:44 WIB | dibaca: 1337 pembaca

LIMA PULUH KOTA – Bertempat di Aula Shago Bungsu Tanjung Pati, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan acara optimalisasi pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM) kabupaten lima puluh kota. Acara yang bertujuan untuk mewujudkan KIM yang inovatif dalam meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat melalui pendayagunaan informasi dan komunikasi dalam rangka mencapai masyarkat informasi yang sejahtera ini dihadiri oleh kelompok informasi masyarakat yang tersebar di Kabupaten Lima Puluh Kota sebanyak lebih kurang 50 orang peserta. (3/5)

KIM adalah Kelompok yang dibentuk oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif mengelola informasi dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan nilai tambah. Kelompok masyarakat yang aktif mengelola dan menyebarkan informasi kepada masyarakat secara swadaya, terang Fery Chofa, Sekretaris Diskominfo saat menjawab pertanyaan peserta.

KIM berkembang sesuai dengan tahapan sebagai berikut : KIM KATAGORI 1, Tahap ini KIM berfungsi memantau Informasi dari berbagai sumber informasi berbasis media Konfensional (Radio, Tv dan surat Kabar) selanjutnyaa didiskusikan dan bisa juga diterapkan atau disebaran bagi para anggota KIM,KIM KATAGORI 2, Tahap ini Anggota KIM sudah mampu menjadi agen pembagunan, yaitu mampu mengembangkan gagasan dan mengolah Infomasi Baru guna mengubah kondisi yang ada dimasyarakat menjadi lebih baik.Disini KIM sudah memainkan peran keluar. KIM KATAGORI 3, yaitu KIM yang sidah memiliki kemampuan kategori 1 dan 2 serta berkemampuan mengakses media baru berupa internet. KIM KATAGORI 4, Yaitu KIM yang masuk ketegori ke 3 dan mampu memanfaatkan TIK dalam kegiatan usahanya pemanfaatannya bisa untuk Promosi maupun transaksi.

Peran Nyata KIM ditengah Masyarakat sangat lah bagus dan bermanfaat diantaranya adalah

·         Mewujudkan masyarkat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi

·         Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang  dibutuhkan dan bermanfaat.

·         Mewujudkan Jaringan Informasi serta media Komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat dan dengan pihak lain

·         Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan persatuan dan kesatuan.

 

Relis : andris




Statistik

Pengunjung hari ini: 10
Total pengunjung: 15628
Hits hari ini: 47
Total Hits: 63562
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document