Agama

ANTUSIAS, JORONG LOMPEK BANTAI KAMBING SAMBUT TIM RAMADHAN KABUPATEN

Selasa, 20 Juni 2017 - 10:31:17 WIB | dibaca: 782 pembaca

Shock breaker Mobil Toyota Rush keluaran tahun 2008 yang saya pandu terdengar berdentang berketuntam, ketika menuruni jalan berlobang menuju Jorong Lompek Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban. Laju kendaraan memang saya pacu agak cepat untuk ukuran jalan di kampung, maklumlah jam di tanggan sudah menujukkan pukul 18.21  WIB. Sedangkan waktu berbuka sore itu adalah Pukul 18.25. Mobil kami memang mobil terakhir yang tiba di Mesjid Baiturrahim. Benar saja, sampai di mesjid kendaraan Anggota Tim Safari Ramadhan Kabupaten Lima Puluh Kota sudah terparkir di halaman mesjid berbaur dengan kendaraan masyarakat. Semua orang sudah berada dalam mesjid dan duduk berhadap-hadapan menikmati takjil berbuka puasa. Alhamdulillah kami tidak begitu terlambat berbuka pada Senin 19/6 itu.

Wuih, rami masyarakat mah Ron, (ramai benar masyarakat) ungkap Fery Chofa , SH, LL.M Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lima Puluh Kota. “Serasa Makan waktu perayaan Khatam Quran” tambah Helzi Eriawan yang biasa dipanggi Aciak staf Kecamatan Lareh Sago Halaban yang berdampingan duduk dengan kami.

“Sebagai wujud kegembiraan kami menanti  Tim Ramadhan Pemda Lima Puluh Kota pada bulan puasa ini kami sengaja membantai kambing dan menghadirkan seluruh elemen masyarakat kata Muhammad Fachrurrazi, SH Wali Nagari Halaban. Tidak kurang dari 150 orang hadir dalam buka bersama di Jorong yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tanah Datar ini.

Seperti biasa, setelah Shalat Isya dan Shalat Tarawih dilanjutkan dengan Ceramah Agama yang disampaikan oleh Zufkifli Dt Magkuto, Pegawai Negeri Sipil yang akan mengantongi SK pensiun mulai 1 Juli 2017 ini menyampaikan tiga keuntungan berpuasa yaitu Sehat secara Fisik, sehat secara ekonomi dan sehat secara mental.

Antusiasme masyarakat tidak surut ketika sesi tanya  jawab dengan Tim  yang dipandu oleh Drs. Elfi Zein Camat Lareh Sago Halaban, diantara yang ditanyakan dan didiskusikan adalah masalah keluhan masyarakat terhadap kondisi Jalan dari Alang Laweh sampai jembatan Aia Baba dan ruas jalan dari simpang Jorong Lompek sampai batas kabupaten, Tempat Pembuangan Sampah Sementara, pemberian izin peternakan ayam serta mengenai honor gharim dan guru TPA TPSA. Semua pertanyaan dapat dikemas apik oleh Ketua Tim dalam hal ini disampaikan oleh Bapak Kasman Kasim, SH yang mewakili Ketua TIM III yaitu Bapak Syafaruddin Dt Bandara Rajo Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota yang berhalangan hadir karena ada Tugas Luar Daerah.

Sebelumnya Bapak Kasman Kasim, SH  yang juga Kepala Dinas Koperasi Perdangan dan UKM ini juga menyerahkan Bantuan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota Rp. 10.000.000,- kepada Pengurus Mesjid Baiturrahim. Turut hadir dalam tim ini Fery Chofa, SH, LLM Kepala Dina Kominfo, dr. Adel Noviarman Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan perwakilan dari Dinas Keluarga Berencana dan dari Bagian Kesra. (Ron)




Statistik

Pengunjung hari ini: 47
Total pengunjung: 17180
Hits hari ini: 161
Total Hits: 69005
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document