Pemerintahan

Jelang Pemilu Tahun 2019, KPU gelar Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017

Kamis, 12 Oktober 2017 - 09:50:37 WIB | dibaca: 361 pembaca

LIMA PULUH KOTA - Lebih kurang 40 orang peserta sosialisasi memenuhi ruang pertemuan Wisma Kolivera 3 yang terdiri dari Ormas, parpol, organisasi pemuda, NU, PKK, mahasiswa dan OPD terkait (11/10). Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Lima Puluh Kota, Ismet Jannata, S.Fil.I sekaligus memberikan materi tentang tahapan pemilu Tahun 2019. Tampak hadir Bupati Lima Puluh Kota yang dinobatkan menjadi narasumber dengan materi peran serta pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Lima Puluh Kota , Yoriza Asra, SE  memberikan materi tentang peranan Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilu 2019, Bapak Muhammad Mufti Syarfi dari KPU Provinsi Sumbar materi UU No. 7/2017 tentang pemilu dan pentingnya pelaksanaan pemilu serentak, Khairul Fahmi peneliti pemilu pusat studi konstitusi (PUSaKO) Fakultas Hukum UNAND ikut serta memberikan materi peran serta dan partisispasi masyarakat dan parpol dalam penyelenggaraan pemilu.

Sistem Pemilu Presiden adalah pemilihan langsung dimana seluruh wilayah NKRI sebagai satu kesatuan dapil, sedangkan sistem proporsional terbuka dilakukan untuk pemilu anggota DPR dan DPRD dimana penghitungan pembagian kursi menggunakan sistem "sainte lague". Dalam sambutannya, Ketua KPU mengatakan bahwa pemilu serentak merupakan amanat Mahkamah Konstitusi Nomor 14/PUU/XI/2013 dengan tujuan memperkuat sistem presidensial dan efisiensi anggaran dan efektifitas mobilitas pemilih.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Lima Puluh Kota mengatakan sebagai bangsa yang bermartabat sudah seyogyanya kita melaksanakan Pemilu 2019 dengan aman, kondusif dan bahu membahu dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang baik. Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota siap untuk berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilu Tahun 2019 dan mendorong mewujudkan Pemilu yang aman, damai, tertib dan lancar, tutup Irfendi Arbi.  (RW)




Statistik

Pengunjung hari ini: 47
Total pengunjung: 17180
Hits hari ini: 163
Total Hits: 69007
Pengunjung Online: 1

Banner

Saran

Untitled Document